Executive
Summary
a. Peluang
bisnis
Surabaya merupakan salah satu kota metropolis yang ada di
Indonesia. Penduduk kota Surabaya tergolong masyarakat yang padat penduduk
khususnya didaerah yang dimanfaatkan masyarakat urban live. Kepadatan penduduk diwilayah
Surabaya turut menjadi latar belakang meningkatnya suhu di kota Surabaya
sehingga meningkatkan kebutuhan air minum di kota Surabaya.
Bisnis yang akan dijalani oleh DNA’s Group bergerak di
bidang produksi pangan berupa minuman sehat yang komposisinya terdiri dari buah
– buahan dalam kuah air susu yang segar. Di wilayah Surabaya, es semacam ini
disajikan dengan rumput laut dan tape yang biasa dikenal dengan es campur.
Namun, kemasan yang disajikan bukanlah kemasan yang praktis. Oleh karena itu,
DNA’s Group menawarkan minuman buah yang segar karena komposisi yang diberikan
adalah murni hanya buah-buahan saja tanpa ditambah dengan makanan yang non
buah.
b. Marketing
1. Bentuk
produk
Produk kami bernama es buah angkasa. Seperti halnya es
buah pada umumnya es buah angkasa
terdiri dari beberapa komposisi buah yaitu alpukat, strawberi, tomat, apel,melon,
yang mana buah – buah tersebut dibentuk seperti benda-benda dilangit seperti
bulan, bintang, bumi, dan beberapa planet lainnya, produk yang kami tawarkan dikemas
secara praktis dalam cup plastik yang tidak akan rusak akibat suhu minuman
tersebut.
2. Target
pasar
Target pasar kami adalah:
a. di
berbagai instansi sekolah mulai tingkat SD,SLTP,SMA dan perguruan tinggi.
b. di
berbagai pasar –pasar tradisional, minimarket dan supermarket.
Pemasaran
es buah angkasa kemasan dilakukan dengan
menggunakan rombong yang sudah di buat semenarik mungkin dikemas dalam gelas
pastik yang ditutup sehingga akan kelihatan lebih praktis dan higinis.
3.
Analisis kompetisi
Produk yang beredar dipasaran yaitu es mega mendung, es campur,
es jus dan lain-lainnya. Beberapa produk tersebut merupakan kompetitor produk
kami. Disini kami menggunakan tekhnologi bentuk cetakan buah untuk
bentuk-bentuk benda-benda angkasa pada buah yang kami gunakan. Selain itu
produk kami sangat memegang arti penting sebuah kesehatan. Dari pengumpulan
bahan, proses, hingga proses akhir kami sangat memegang penting arti sebuah
kebersihan didalamnya. Selain sehat tidak menggunakan bahan – bahan kimia
berbahaya lainnya serta dengan bentuk dari buah-buahnya yang tidak biasa yaitu
berbentuk seperti benda – benda angkasa siperkirakan dapat menarik minat
konsumen dibandingkan produk-produk minuman serupa pada umumnya.
4. Strategi
pasar
Pemasaran
dapat di lakukan dengan kerjasama dengan berbagai instansi sekolah, pasar, swalayan,
minimarket dan supermarket dengan mendirikan rombong yang sudah di desain
semanarik mungkin, kita sudah bisa memasarkan es buah angkasa Rp.4000,00.
Pemasaran
yang ke dua kita bisa tampil jualan jika ada even-even kegiatan, misalnya Ketika
ada bazar.
5. Operasional
1. Isu
terkait bisnis
Hidup natural di era saat ini mulai disadari oleh
masyarakat umum. Berbagai upaya dilakukan oleh sebagian orang dalam menjaga
kesehatan dan hidup lebih natural. Es angkasa merupakan jenis es buah yang
murni menggunakan buah-buahan yang kaya akan manfaat dan kandungan gizi
misalnya antioksidan pada apel, lemak
baik pada apukat dan vitamin A dan C pada tomat. Sehingga produksi produk
tersebut merupakan wujud kepedulian kami terhadap lingkungan sosial yang mulai
sadar arti kesehatan.
2. Kondisi
supplier
3. Tim
manajemen
Tim manajemen terdiri dari 3 orang yaitu direktur,
manager keuangan dan manager marketing. Pembagian kinerja yang dilakukan oleh
tim diupayakan merata.
D. Keuangan
1. Rencana
keuangan
Modal :
Biaya Produksi
À
Apel (2kg x
Rp.14.000/kg x 8 hari) = Rp. 224.000
À
Strowberry (2cup x
Rp.12.000/cup x 8 hari) = Rp. 192.000
À
Melon (4kg x
Rp.5.000/kg x 8 hari) = Rp. 160.000
À
Selasih
(Rp.5.000/½ons x 8 hari) = Rp. 40.000
À
Alpukat
(Rp.7.000/kg x 8 hari) = Rp. 56.000
À
Nata de coco (Rp.11.000/bungkus
x 8 hari) = Rp. 88.000
À
Tomat buah
(Rp.7.000/½kg x 8 hari) = Rp. 56.000
À
Susu carnition
(3kaleng x Rp.9.000 x 8 hari) = Rp. 216.000
À
Gula pasir (3kg x
Rp.11.000/kg x 8hari) = Rp. 264.000
À
Cup plastik (8x
Rp.30.000/50 biji x 8 hari) = Rp. 240.000
À
Sendok (12 lusin x
Rp.1.000/1lusin x 8 hari) = Rp. 96.000
À
Es batu (10 biji x
Rp.500/biji x 8 hari) = Rp. 40.000
À
Biaya tenaga kerja
(3 orang xRp.20.000/hari x 8 hari) =
Rp. 96.000
À
Biaya listrik
(Rp.2.000/hari x 8 hari) = Rp. 16.000
+
Total biaya produksi per bulan =
Rp. 1.672.000
Harga pokok (per Cup)
Total
biaya produksi sebulan : jumlah produksi sebulan =
Rp.
1.672.000 : (50 x 8) = Rp. 1.672.000 : 400 = Rp. 4.180
Harga
jual
=
harga pokok + (% keuntungan x harga pokok)
=
Rp. 4.180 + (60% x Rp. 4.180)
=
Rp. 4.180 + Rp. 2508
=
Rp. 6.688 atau Rp. 6.700
Pendapatan
kotor per bulan
Jumlah
produksi perbulan x harga jual
=
400 cup x Rp. 6.700
=
Rp. 2.680.000
Keuntungan
kotor per bulan
=
Total pendapatan kotor – total biaya produksi
=
Rp. 2.680.000 – Rp.1.672.000
=
Rp. 1.008.000
2. Investasi
Investasi diperoleh dari keuntungan tiap penjualan.
Profil Perusahaan
Nama
Perusahaan : DNA’s Group
Mulai
operasional :
Bulan April
Jangka
waktu perusahaan beroperasi : Jangkan operasi adalah 1 semester
Deskripsi
bisnis :
Bisnis yang kami
jalani merupakan bisnis yanng bergerak dibidang produksi pangan. Perusahan DNA’s Group didirikan oleh 3 orang
mahasiswa yang bergerak dibidang kewirausahaan, sadar akan keadaan surabaya
yang semakin hari semakin panas membuat kami bertiga tersadar akan sebuah
peluang usaha dengan menjual es buah . Es dibuat dengan sangat memperhatikan
nilai kesehatan dari pengumpulan alat dan bahan, proses, serta pengemasan
sangat memperhatikan nilai kesehatan didalamnya dengan tidak mencampurkan
sedikitpun bahan kimia didalamnya.
Dimana dalam
pembuatannya disentuhkan dengan sedikit sentuhan tekhnologi yaitu dengan
membuat cetakan buah dengan bentuk seperti benda-benda dilangit. Akhirnya kami
sepakat untuk memberi nama produk kami adalah es buah angkasa.
Akan kami
pasarkan seminggu 2 kali pembuatan.
Lokasi/
alamat dan telepon : Jl. Tambak rejo no.10 Waru Sidoarjo
Rencana
Pemasaran/ Marketing Plan
1. Dampak
industri
a.
Perubahan sosial : Perubahan Sosial
yang akan terjadi dalam masyarakat adalah masyarakat akan lebih mengenal arti
kesehatan melalui minuman yang kami tawarkan dengan komposisi buah- buahan yang
kaya akan gizi.
b.
Perubahan ekonomi : Perubahan ekonomi yang akan terjadi adalah meningatkan pendapatan atau
income untuk para pelaku pengusaha khususnya manajemen DNA’s Group.
c.
Perubahan lingkungan : Penggunaan cup plastik dalam penyajian produk es angkasa
berdampak pada meningkatnya sampah plastik yang ada namun cup yang gunakan bisa
dimanfaatkan lagi oleh konsumen untuk minuman yang lain.
d.
Perubahan teknologi : Perubahan
teknologi yang terjadi adalah selama ini bentuk buah yang digunakan adalah
pemanfaatan cetakan bulat namun dalam hal ini kami menggunakan cetakan berbagai
macam bentuk benda luar angkasa yang unik.
e.
Trend industri masa
lalu, sekarang dan akan datang :
Industri masa lalu menawarkan es buah bentuk es campur, es mega mendung, untuk
industri masa datang adalah es buah angkasa yang segar.
f.
Faktor sukses usaha
anda :
Kesuksesan usaha ini bergantung pada usaha, kegigihan,
dan kecerdasan membaca lingkungan antar anggota. Memupuk rasa kebersamaan
ditengah usaha yang dijalankan dengan tidak membawa masalah pribadi atau apapun
didalam menjalankan tugas masing-masing.
g.
Penghambat usaha anda :
Banyak hal yang dapat menghambat seseorang didalam
menjalankan usahanya dalam usaha yang kami jalankan nantinya kemungkinan
kendala yang dihadapi adalah faktor daya tahan bahan, mekanisme marketing dan
proses penjualan.
2. Jenis
barang atau jasa
a. Bentuk
produk : bentuk
produk kami adalah berupa barang
b. Apakah
nilai tambah/ pembeda produk anda :
Nilai
tambah atau pembeda produk kami adalah dalam hal pencetakan buah. Dimana buah
dicetak dengan bentuk-bentuk benda yang ada dilangit seperti bulan, bintang ,
bumi dan lain-lainnya , selain itu
juga kemasan yang praktis deengan menggunakan cup plastik.
c. Apakah
kelebihan dari produk anda dibandingkan dengan produk yang telah ada :
Kelebihan produk kami adalah menciptakan suatu minuman
bergizi, sehat, higienis, dan unik dengan membuat cetakan bentuk buah seperti
benda-benda dilangit.
d. Foto
atau gambar produk
3. Target
pasar
a.
Kisaran usia konsumen
anda :
kisaran usia konsumen terget adalah semua kalangan usia
mulai dari anak SD,SMP,SMA,dan tingkat perguruan tinggi. Juga masyarakat pada
umumnya. Karena dilihat dari bahan-bahan yang digunakan danjuga nilai gizi yang
terkandung didalamnya dirasa dapat menjangkau untuk semua kalangan usia.
b.
Rata-rata pemasukan
konsumen:
Rata – rata pemasukan konsumen adalah Rp. 4.000,00 – Rp.
4.500,00
c.
Jenis kelamin :
Laki- laki dan
perempuan
d.
Status pernikahan :
Sudah menikah/belum menikah/janda/duda
e.
Jumlah anak :
Lebih banyak lebih baik J
f.
Pekerjaan :
Pelajar, mahasiswa,pegawai swasta, pegawai negeri,
pengusaha
g.
Rata-rata pembelian/
daya beli rata-rata :
3/orang
h.
Frekuensi pembelian :
Jika produk yang kami tawarkan dapat diterima oleh
masyarakat akan meningkatkan frekuensi pembelian.
4. Psikografis
konsumen
a.
Gaya hidup :
Gaya hidup yang instan tidak suka bertele-tele pilihan
minuman es buah angkasa dengan cup adalah pilihan yang tepat.
b.
Apakah atau siapakah
yang mempengaruhi :
Teman yang saat itu berada disampingnya
c.
keputusan untuk membeli :
konsumen sendiri ataupun pengaruh dari orang lain yang
notabene sahabat yang ada disampingnnya pada saat membeli.
5. Analisa
persaingan
a. Lama
operasi per hari :
Lama operasi per hari ± 16 jam
b. Deskripsi
produk :
Es buah angkasa adalah es dengan aneka buah didalamnya
yang terdiri dari buah apel, strawberi, melon,alpukat, tomat, dengan varian
selasi dan nata de coco yang mana kuah dari es ini adalah susu dengan air gula
dikemas dalam cup yang sudah bertanda brand “Be Heathy with DNA Fruits”.
c. Profil
konsumen :
Konsumen bisa dari semua kalangan seperti pelajar,
mahasiswa, tenaga pengajar dan lain lainnya.
d. Harga :
Rp. 4000/ cup
e. Pemasaran/
iklan :
Pemasaran / iklan dengan menggunakan X- banner dan via on
– line.
f. Analisa
kelebihan dan kekurangan produk :
Kelebihan yang terdapat pada produk ini adalah bentuk
potongan buah dengan berbagai macam bentuk benda – benda diangkasa. Produk DNA
Fruits adalah produk dengan visi meningkatkan kesehatan di tingkat jajanan
sehari – hari. DNA fruits lebih aman dikonsumsi karena bahan yang digunakan
bukan bahan –bahan kimia berbahaya (sepert pemanis buatan).
Adapun kekurangan produk yaitu buah yang digunakan bukanlah
buah hasil dari kebun sendiri melainkan buah yang dibeli di pasaran sehingga
daya tahan penyimpanan bahan tidak bisa mencapai waktu yang sangat lama.
g. Kesempatan
bisnis :
Besar kesempatan bisnis kami, karena diwilayah UMSurabya
khususnya jrag ditemukan minuman semacam ini.
h. Analisa
competitor anda :
6. Pilihan
promosi
a.
Publikasi asosasi
b.
internet
c.
personal selling
d.
write an article
7. Tempat/
Place
a.
Dimana :
Area kampus UMSurabaya , Taman – taman di Surabaya
b.
Tempat produksi :
Jl.Tambak Rejo Rt.3 Rw.8 No.10 Kode Pos 61256 Sidoarjo
Jawa Timur
c.
Tempat pemasaran :
Area Kampus Umsurabaya
d.
Pentingnya lokasi
terhadap pemasaran :
Lokasi sangat penting untuk menganalisis jumlah konsumen
yang akan datang untuk melihat dan membeli. Juga untuk mengamati pesaing dengan
penjualan yang serupa dengan produk kami.
e.
apakah lokasi tersebut
potensial untuk pertumbuhan bisnis ke depan :
melihat lingkungan sekitar yang begitu produktif tidak
menutup kemungkina usaha ini akan semakin berkembang untuk ditahun-tahun
kedepannya.
8. Bagaimanakah
metode
a.
penjualan :
penjualan kami lakukan dengan langsung menawarkan kepada
konsumen.
b.
pelayanan :
Siapa melayani pesanan melalui sms selama pelaksanaan
penjualan produk.
c.
promotion :
Promosi
dapat di lakukan dengan berbagai cara,yaitu:
a. On-line
Manfaat dari
promosi secara on – line adalah cepat
diketahui oleh masyarakat khususnya mahasiswa Universitas Muhammadiyah
Surabaya dan sekitarnya.
a. Pemupukan
hubungan : dengan on-line,kita dapat berbicara dan belajar lebih banyak dengan
pelanggan.
b. Pengukuran
besar peminat:kita mampu mengetahui berapa banyak orang yang mengunjungi situs
on-line.
b. Terjun
langsung pada konsumen/masyarakat.
Manfaatnya
a. Dapat
melihat contoh produk secara langsung,bisa di coba rasa yang di hasilkan dan
bagaimana cara pengemasan.
b. Kami
bisa menginformasikan secara langsung
kepada konsumen tentang kandungan buahan
yang terdapat didalam es angkasa dan perbandingan dengan es teler es buah campur lainnya .sehingga
nantinya es angkasa akan lebih di priroitaskan oleh konsumen.
d.
distribusi :
Pemasaran dapat di lakukan dengan
kerjasama dengan berbagai instansi sekolah,pasar,swalayan,minimarket dan
supermarket.dengan mendirikan rombong yang sudah di desain semanarik
mungkin,kita sudah bisa memasarkan es
angkasa kemasan seharga Rp. 4000,00
Pemasaran yang ke dua kita bisa
tampil jualan jika ada even-even kegiatan.misalnya ada bazar.kegiatan bazar
akan lebih menguntukan bagi kita.keuntungan yang pertama kita bisa
memperkenalkn produk kita ke masyarakat yang lebih luas,karena umumnya kegiatan
bazar akan datang penduduk dari berbagai daerah,keuntungan yang kedua kita bisa
menaikkan harga saat ada bazaar,sehingga omset kita akan lebih banyak. Untuk konsumen yang
memesan produk kita,distribusi dapat di lakukan dengan mengantar pesanan secara
langsung.
d.
timing :
Persiapan
1. Penyiapan
tim/panitia
Pelaksanaan program
diorganisir oleh dra.
Mashula MA selaku coordinator
program.Koodinator program membentuk tim yang bertugas memberikan sosialisasi
terhadap para mahasiswa melalui ormawa, UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa),serta
fakultas
2. Sosialisasi
Tim yang bertugas melakukan
sosialisasi,menyampaikan kepada seluruh mahasiswa UM Surabaya melalui
ormawa,unit-unit kegiatan mahasiswa, dan fakultas di lingkungan UM Surabaya. Bentuk sosialisasi
berupa workshop yang di laksanakan oleh Universitas pada akhir bulan april
3. Pengajuan
proposal
Setelah mengikuti sosialisasi tim
mahasiswa yang terpilih menyusun dan mengajukan proposal kegiatan mahasiswa sesuai format.
4. Identifikasi
dan seleksi
Identifikasi dan seleksi peserta di
lakukan berdasarkan proposal yang masuk. Penilaian proposal mengacu pada format
yang telah di tentukan.
e.
Harga/ Price :
f. Target
penjualan per hari/ per bulan :
Rencana Operational
1. Rencana
pabrikasi
a. Alat
dan bahan :
Alat
1.
Panci
2.
Irus
3.
Kompor
4.
LPG
5.
Pisau
6.
Parut buah
7.
Cup
8.
Sendok
9.
Sterofom box
10. Cetakan
bahan
11. apel fuji
12. strawberri
13. melon
14. nata de coco
15. selasih
16. alpukat
17. susu cornetion
18. gula pasir
19. vanily
b. Sumber
dan ketersediaan bahan baku :
Sumber bahan baku dapat diperoleh di market dan
ketersediaan bahan baku sangat melimpah karena bahan baku yang digunakan
berasal dari buah – buahan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat pada umumnya.
c. Proses
pembuatan :
Buah :
1.
Kupas buah – buahan
dicuci dngan air mengalir hingga bersih.
2.
Kemudian potong
dengan bentuk yang fariatif
(yaitu bentuk – bentuk seperti benda-benda dilangit
seperti bulan, bintang, dan lain
lainnya)
Kuah
1.
Didihkan air pada
suhu ± 80o C, Kemudian tambahkan gula pasir lalu diaduk hingga larut
dan mendidih.
2.
Setelah mendidih
angkat dan dinginkan (gula siap digunakan).
3.
Siapkan susu 15
ml/cup,
4.
Siapkan air mineral
Cara
penyajian :
1.
Masukan buah yang
sudah dicetak dalam cup
2.
Tuangkan gula
secukupnya (5 sendok makan)
3.
Tambahkan susu (15
ml/liter)
4.
Tambahkan air
secukupnya
5.
Tambahkan es batu
secukupnya.
6.
Es angkasa siap
dinikmati
d. Life
time produk/ jangka waktu produk digunakan :
Life time produk ini adalah hanya dapat bertahan untuk
satu kali produksi namun untuk buah
buahannya dapat disimpan dikulkas untuk proses penjualan berikutnya
e. Teknologi
tepat guna yang digunakan :
tekhnologi yang digunakan adalah dengan menggunakan cetakan
buah dengan bentuk seperti benda-benda dilangit seperti bintang, bulan, bumi,
dan lain lainnya.
f. Kemampuan
produksi (jumlah per hari) :
Jumlah yang diproduksi adalah 50 cup per hari
2. Sumberdaya
manusia
a. Jumlah
karyawan
Full time ( )
part time (ü
)
seasonal ( )
b.
Pembagian kerja dan daftar tugas
No
|
Jabatan
|
Tugas
|
Waktu/kerja
|
keterangan
|
1.
|
Direktur Utama
|
Penanggungjawab perusahaan
|
|
|
2.
|
Manager Keuangan
|
Mengatur, mengelola dan menyimpan keuangan perusahaan sekaligus segala
bentuk administrasi perusahaan
|
|
|
3.
|
Manager Marketing
|
Managerial pemasaran produk
|
|
|
c. Peraturan
perusahaan :
-
Setiap karyawan
harus datang tepat waktu.
-
Bertanggungjawab
atas setiap amanah yang diemban.
d. Gaji
karyawan :
-
Gaji karyawan 15.000,-
/ hari
3. Rencana
Keuangan
a. Modal :
b. Target
:
4. Lampiran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar